Kebumen - LOMBA ECOBICK

LOMBA ECOBICK

         Dari namanya yang menarik dan unik, banyak dari kita yang bertanya-tanya apa Ecobrick itu???

Eco dan Brick? artinya bata ramah lingkungan. Disebut "bata" karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan. Maka dari itu ecobrick biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Ecobrick adalah  botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat  blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

         Apa manfaat Ecobrick?

Dengan ecobrick, sampah-sampah plastik ini akan tersimpan terjaga di dalam botol sehingga tidak perlu di bakar, menggunung, tertimbun dan lain-lain. 

Beginilah bentuk ecobrick

         Pada hari kamis ,12 November 2020 telah dilakukan penilaian lomba ecobrick dari panitia Komunitas ecobrick (Kerajinan daur ulang  sampah). Peserta lomba yaitu PKK dari masing-masing desa di Kecamatan Sukorejo. Sebelum hari H tentunya para peserta sudah menyiapkan semuanya secara matang dan tentunya dengan kreatifitas yang patut diacungi jempol. Kita bisa melihat hasil betapa bagusnya kreatifitas ibu-ibu PKK dari juara 1-3 :

JUARA NAMA DESA NILAI
I Sukorejo 156
II Kebumen 154
III Damarjati 152

Hasil Kreatifitas Ecobrick Juara I ( Desa Sukorejo): Meja dan kursi

Hasil Kreatifitas Ecobrick Juara II ( Desa Kebumen): Gapura Kantor Balaidesa

Hasil Kreatifitas Ecobrick Juara III ( Desa Damarjati) : meja dan kursi

       Dengan adanya perlombaan ini semoga kita semua dapat lebih bisa memanfaatkan sampah-sampah plastik menjadi sesuatu dan sangat menarik dan tentunya sangat bermanfaat.

 


Dipost : 17 November 2020 | Dilihat : 2208

Share :