Kebumen - SEDEKAH ANAK YATIM DI BULAN MUHARRAM

SEDEKAH ANAK YATIM DI BULAN MUHARRAM

            Kepala Desa beserta Perangkat Desa Menghadiri acara Sholawatan dan dilanjutkan santunan anak yatim yang bertempat di Masjid Dusun Jagalan Desa Kebumen, pada hari Jum'at ( 28 Juli 2023) yang bertepatan pada bulan Muharram. Panitia penyelenggara mengundang anak yatim piatu yang ada di Desa Kebumen. Alhamdulillah pada kesempatan ini banyak orang baik yang ikut serta menyantuni anak yatim piatu di Desa Kebumen.     

  

Dalil Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram
Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang memberi keluarganya cukup pada hari Asyura, Allah akan memberi kelapangan rezeki kepadanya sepanjang tahun." (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi).
               Keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram sangat banyak, bisa menjadi cara mengumpulkan pahala untuk di akhirat nanti. Yuk amalkan amalan bulan Muharram agar mendapatkan keutamaannya. Simak keutamaan pada artikel berikut ini.Bersedekah kepada anak yatim, menjadi salah satu kemuliaan. Apalagi jika dilakukan di bulan yang suci, tentunya akan banyak keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram yang bisa didapatkan.Apalagi ada istilah lebaran anak yatim atau Idul Yatama, bagi sebagian umat muslim di Indonesia memang dijadikan momentum berbagi dengan anak yatim selama bulan Muharram. Sebagai tabungan pahala untuk di akhirat nanti.
 
 
                Berikut ini, beberapa pahala sedekah tersebut yang dikutip dari berbagai sumber dan riwayat shahih. Sebagai penegas bagi Anda, bahwa bersedekah itu memang bagian dari ibadah dan akan diganjar pahala.

1. Sama dengan Sedekah 1 Tahun

Menyantuni anak yatim di bulan Muharram, pahalanya akan sama dengan setahun menyantuni anak-anak yang sudah kehilangan sosok ayah mereka tersebut.

2. Doa Terkabul

Banyak cara dapat dilakukan agar doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT dikabulkan. Salah satunya adalah dengan bersedekah di bulan Muharram, tepatnya di tanggal 10 Muharram atau hari Asyura.

3. Memberi Makan

Jika sedekah yang diberikan adalah berupa makanan, maka sama halnya dengan memberikan makan kepada umat Nabi Muhammad SAW sampai semuanya kenyang.

4. Memberi Minum

Sama halnya dengan memberi sedekah berupa makanan, yang menjadi bagian dari keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram.

5. Dilindungi pada Hari Akhir

Dalam sebuah hadits riwayat At-Thabrani dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda Allah SWT tidak akan memberikan azab di hari kiamat kepada orang-orang yang sayang kepada anak yatim. 

6. Sama dengan Pahala Jihad

Dari salah satu hadits riwayat Tirmidzi, dijelaskan bahwa siapapun yang memelihara anak yatim yang ada di tengah kaum muslim.

7. Masuk Surga

Allah SWT menjanjikan surga bagi umatnya yang melakukan hal mulia, salah satunya adalah menyantuni anak yatim. Apalagi, jika dilakukan di bulan yang mulia dan ikhlas tanpa keinginan untuk pamer kepada siapapun.

8. Mengusap Kepala Anak Yatim

Selain pahala bersedekah, mengusap kepala anak yatim juga akan menjadi ibadah yang berpahala besar. Dalam sebuah kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiya-Iwal mursalin, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda.

 

 

 

 

 

 
 


Dipost : 28 Oktober 2023 | Dilihat : 481

Share :