Kebumen - AYO VAKSINASI BOOSTER Kegiatan - Kebumen Kebumen

AYO VAKSINASI BOOSTER

    Puskesmas Sukorejo 1 mengadakan sosialisasi Vaksinasi Booster di Aula pertemuan Balaidesa Kebumen kec Sukorejo Kab Kendal pada tanggal 14 April 2022. Petugas Nakes menjelaskan tentang vaksinasi Booster yang selama ini menjadi pertanyaan dari masyarakat

1. Apa tujuan dari Vaksinasi booster Covid-19?

Vaksinasi booster ialah upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.

2. Apakah vaksin booster COVID-19 gratis?Pemerintah Indonesia putuskan Vaksin COVID-19 Ketiga (Booster) GRATIS untuk seluruh masyarakat Indonesia! Pelaksanaan penyuntikan vaksin booster dimulai pada 12 Januari 2022 dengan prioritas bagi Lansia dan Kelompok Rentan, serta sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

 
3. Apa saja contoh KIPI setelah divaksin COVID-19?
Ada beberapa contoh KIPI yang paling umum terjadi seperti diantaranya nyeri, bengkak, dan kemerahan di area tempat suntikan. Kemudian, Lelah dan tidak enak badan. Ada juga yang mengalami kondisi mual dan muntah serta demam, pusing, pegal hingga diare.
 
4. Berapa lama jarak vaksinasi booster setelah menerima vaksinasi COVID-19 dosis lengkap?
Dalam aturan ini, disebutkan bahwa penyuntikan dosis lanjutan bagi lansia dan masyarakat umum dapat diberikan minimal 3 bulan setelah menerima vaksinasi dosis lengkap.
 
5. Apa saja tanda reaksi alergi terhadap vaksin COVID-19?
Beberapa tanda alergi terhadap vaksin adalah gatal di seluruh tubuh, muntah, bersin-bersin, sesak napas, hingga pingsan. Bila Anda merasakan gejala ini, segera laporkan petugas vaksin atau panitia vaksin yang ada di lokasi.
 
6.Apakah vaksin COVID-19 aman?
Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut vaksin COVID-19 aman dilakukan. Namun, efek samping mungkin akan timbul terhadap sebagian orang.
 
7.Berapa lama ketentuan interval minimal terbaru pemberian vaksin booster COVID-19 setelah vaksin primer bagi lansia?
“Kalau sebelumnya vaksinasi booster diberikan minimal 6 bulan, mulai hari ini pemberian dosis booster bagi lansia dapat diberikan dengan interval minimal tiga bulan setelah mendapat vaksinasi primer lengkap,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi di Jakarta (22/2).
 
8.Bolehkah pengidap diabetes mendapatkan vaksin COVID-19?
Bagi kelompok komorbid dengan diabetes dapat divaksinasi sepanjang belum ada komplikasi akut. Bagi kelompok komorbid penyintas kanker dapat tetap diberikan vaksin. Selain itu penyintas COVID-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari 3 bulan. Begitupun ibu menyusui dapat juga diberikan vaksinasi.
 
9.Berapa tensi maksimal sebelum menerimal vaksin COVID-19?
Untuk tekanan darah dan suhu, sama dengan kategori lain, yaitu suhunya mesti 37,5 derajat celcius ke bawah dan tekanan darahnya tidak boleh lebih dari 180/110 mmHg.
 
10. Apakah efek samping pemberian vaksin COVID-19 ringan?
Kalaupun ada efek samping dari pemberian vaksinasi COVID-19, sifatnya masih sangat ringan dan mudah diatasi seperti demam, nyeri, mengantuk, lapar dll. Efek ini biasanya tidak berlangsung lama, maksimal 2 hari pasca penyuntikan vaksin.
 
11.Berapa lama masa observasi bagi sasaran vaksin COVID-19 tanpa riwayat alergi?
Disebutkan bahwa masa observasi selama 15 menit diperuntukkan bagi sasaran yang tidak memiliki riwayat alergi dan reaksi anafilaktik terhadap vaksin.
 
12.Apakah efek samping pemberian vaksin COVID-19 ringan?
Kalaupun ada efek samping dari pemberian vaksinasi COVID-19, sifatnya masih sangat ringan dan mudah diatasi seperti demam, nyeri, mengantuk, lapar dll. Efek ini biasanya tidak berlangsung lama, maksimal 2 hari pasca penyuntikan vaksin.
 
13.Apa yang dimaksud dengan gejala ringan pada penderita COVID-19?
Gejala umum yang muncul seperti demam, batuk, kelelahan, kehilangan nafsu makan, napas pendek, mialgia dan nyeri tulang. Gejala tidak spesifik lainnya seperti sakit tenggorokan, kongesti hidung, sakit kepala, diare, mual dan muntah, hilang penciuman (anosmia) atau hilang pengecapan (ageusia).
 
14.Berapa suhu penyimpanan vaksin COVID-19 kelas C?
Sedangkan vaksin covid-19 (Sinovac, Biofarma, Sinopharm, Novavax, AstraZeneca) stabil pada suhu 2ºC s.d. 8ºC dikategorikan pada kelas C. Untuk vaksin kelas A, penyimpanannya lebih dekat dengan sumber dingin, namun untuk kelas C jauh dari sumber dingin.
 
 "AYO DUKUNG PROGRAM VAKSINASI BOOSTER DARI PEMERINTAH"


Dipost : 18 April 2022 | Dilihat : 372

Share :